Fungsi Lain dari Ruang Baca Perpustakaan

Ruang baca perpustakaan pada dasarnya merupakan tempat untuk membaca ditempat (belajar) yang mana koleksi yang dibacanya berasal dari sumber yang ada diruang tersebut. Ada beberapa pertanyaan dari mahasiswa terkait ruang baca, diantaranya fungsi lain dari ruang baca perpustakaan dari yang sekedar untuk membaca ditempat.

Secaraumum, kalau kita melihat keberadaan ruang baca di perpustakaan sekolah (SD-SMA) biasanya merupakan tempat yang ditunjukan dengan keberadaan meja dan kursi diperpustakaan, dan biasanya berada disela-sela rak buku, namun berbeda jika kita melihat perpustakaan perguruan tinggi, biasanya sangat jelas perbedaannya yang mana ruang baca perpustakaan berada tidak campur dengan ruang koleksi.

Kalau kita melihat perpustakaan sekolah, ada beberapa alternatif agar ruang baca perpustakaan bisa memiliki daya tarik pengunjung meski keberadaannya berdampingan dengan ruang koleksi dan biasanya memiliki luas yang cukup sempit, yakni bagaimana petugas perpustakaan bisa menata desain ruangan dengan keberadaan meja baca berdekatan dengan koleksi yang paling sering dan paling banyak diminati siswa, misalnya buku eksak golongan 500. Dengan mendekatkan koleksi terlaris tersebut maka akan memudahkan jangkauan siswa pada koleksi yang diharapkannya sehingga peminat koleksi lain, misal novel digolongan 800 tidak terganggu dengan banyaknya pencari koleksi terlaris tesebut digolongan 500. Dilain hal, dengan cara seperti diatas, keberadaan perpustakaan secara langsung maupun tidak langsung kasus buku berantakan karena banyaknya pemakai dapat diatasi dengan cepat.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates