Jenis stempel yang lazim digunakan perpustakaan sekolah

Tulisan ini saya angkat setelah ada pertanyaan dari beberapa teman pustaakawan lokal kebumen serta beberapa mahasiswa yang saat itu sedang melakukan PKP (praktek kerja Perpustakaan) dibeberapa sekolah di kebumen yang menanyakan tentang macam-macam/jenis cap/stempel yang lazim digunakan di perpustakaan sekolah.
Perlu diketahui bahwa terkait stempel tidak ada aturan baku yang menghuruskan model-model stempel tersebut, namun, memang ada beberpa acuan yang kemudian seolah menjadi sebuah kewajiban terkait model dan jenisnya.
  1. Stempel identitas perpustakaan, biasanya digunakan untuk keperluan perpustakaan, misal: untuk stempel serah terima barang, stempel keterangan bebas pustaka, dan kepentingan lain yang biasanya bersifat keluar.
  2. Stempel Inventaris, digunakan biasanya dilembar judul dalam buku, biasanya berisikan nomor inventaris dan tanggal penerimaan barang.
  3. Stempel Rahasia, Biasanya berukuran kecil dan memanjang, biasanya bertuliskan nama perpustakaan yang bersangkutan dan diletakan dihalaman tertentu yang dijadikan halaman rahasia, dan biasanya berlaku kelipatannya, misalkan pada halaman 15, 30, 45 dan seterusnya.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates