Tragis, 17 Benda Cagar Budaya Kebumen Raib

Sebanyak 17 benda cagar budaya di Makam Arungbinang, Desa Kuwarisan, Kecamatan Kutowinangun, Kebumen, Jawa Tengah (Jateng) raib. Ke-17 benda cagar budaya tersebut pada umumnya adalah pusaka yang terdiri dari keris, pedang dan tombak.

Kompleks makam yang luasnya mencapai 1 hektare (ha) tersebut memang menyimpan benca-benda pusaka yang telah masuk benda cagar budaya. Tidak seluruh benda pusaka yang ada di makam tersebut raib, karena masih ada dua tombak dan satu cemeti.

Kapolsek Kutowinangun Ajun Komisaris Sugiriyanto mengatakan bahwa ada 17 benda pusaka yang hilang. Yakni 14 keris, 2 pedang dan 1 tombak.

Sementara yang masih ada di tempatnya adalah dua tombak masing-masing Tombak Kiai Regol, Tombak Sengkelat dan Cemeti Kyai Naga Geni. "Sampai sekarang, aparat kepolisian masih melakukan pencarian terhadap para pencuri benda pusaka tersebut," katanya, Minggu (13/3).

Benda-benda pusaka yang hilang tersebut merupakan peninggalan dari Joko Sangkrip (1679-1762) atau KRT RAA Aroengbinang I. Benda tersebut diketahui hilang sepekan lalu. Dugaan sementara, benda-benda tersebut dicuri karena pintunya rusak akibat dicongkel.

Sejauh ini, kepolisian telah memeriksa sejumlah saksi di antaranya adalah juru kunci makam Taryono, 57, dan Atmo, 70. Mereka berdua mengetahui hilangnya pusaka tersebut saat membersihkan makam setempat. (OL-12)

Sumber (http://www.mediaindonesia.com/read/2011/03/03/209846/90/14/17-Benda-Cagar-Budaya-Kebumen-Raib)

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates