Bali Tuan Rumah Kongres Perpustakaan Asia

Image: corbis.comKUTA Bali menjadi tuan rumah pertemuan tiga tahunan Congress of Southeast Asia Librarians (CONSAL) yang berusaha menemukan gagasan dan pemikiran tentang bagaimana upaya melestarikan warisan budaya bangsa. Pertemuan yang digagas Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) mengambil tema "National Heritage: Preservation and Dissemination".

Menko Kesra Agung Laksono membuka pertemuan yang dihadiri para kepala perpusatakaan negara anggota. Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpunas) Sri Sularsih mengungkapkan, manuskrip adalah salah satu warisan budaya bangsa berupa karya tulis yang mesti dilestarikan.

Hanya saja, manuskrip yang dimiliki suatu bangsa kini tidak diketahui keberadaannya karena dimakan usia, bahkan ada yang berpindah tangan ke kolektor dan dijual dengan harga mahal ke luar negeri. Seiring dengan perkembangan zaman, kejayaan warisan budaya lambat laut mulai kehilangan tempat.

Fenomena tersebut mulai memunculkan kekhawatiran pemerintah, mengingat kekayaan warisan budaya yang bernilai tinggi sebagai tatanan kehidupan masyarakat mulai terancam punah. "Melalui kongres ini mudah-mudahan bisa menemukan gagasan dan pemikiran tentang bagaimana upaya melestarikan warisan budaya bangsa baik di Indonesia maupun negara anggota lainnya," ujar Sularsih di Kuta, Bali, Selasa (29/5/2012).

Perpustakaan sebagai sistem pengelolaan rekaman gagasan, pemikiran, pengalaman dan pengetahuan umat manusia mempunyai fungsi utama melestarikan hasil budaya manusia khususnya yang berbentuk karya cetak dan karya rekaman lainnya.

"Banyak budaya lokal, folklor, dan literatur lama yang tersimpan. Ini harus diangkat dan diberdayakan untuk kekayaan bangsa," kata Sularsih menambahkan.

Menurut Sularsih, perpustakaan dan pustakawan diharapkan berperan aktif dalam melestarikan warisan budaya tulis dan rekaman lainnya dalam tatanan kehidupan sehari-hari.

Kongres yang dihadiri 800 peserta ini akan menampilkan 56 makalah dari 103 makalah yang berhasil dihimpun. Beberapa narasumber dari berbagai negara di dunia seperti Amerika, Eropa, Asia bakal mengupas hal-hal yang berkaitan warisan budaya dan tentang perpustakaan.(rfa)
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates