Rangkuman Mata Kuliah Pelestarian Bahan Pustaka Modul 1

Pelestarian, Macam Sifat Bahan Pustaka, Dan Latar Belakang Sejarahnya

Kegiatan Belajar 1 Pengantar, Tujuan dan Fungsi Pelestarian
Bahan pustaka adalah salah satu unsur penting dalam sebuah sistem perpustakaan, sehingga harus dilestarikan mengingat nilainya yang mahal. Bahan pustaka di sini berupa
terbitan buku, berkala (surat kabar dan majalah), dan bahan audiovisual seperti audio kaset, video, slide dan sebagainya.
Pelestarian bahan pustaka tidak hanya menyangkut pelestarian dalam bidang fisik, tetapi juga pelestarian dalam bidang informasi yang terkandung di dalamnya.
Maksud pelestarian ialah mengusahakan agar bahan pustaka yang kita kerjakan tidak cepat mengalami kerusakan. Bahan pustaka yang mahal, diusahakan agar awet, bisa dipakai lebih lama dan bisa menjangkau lebih banyak pembaca perpustakaan.
Tujuan pelestarian bahan pustaka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.      menyelamatkan nilai informasi dokumen
2.      menyelamatkan fisik dokumen
3.      mengatasi kendala kekurangan ruang
4.      mempercepat perolehan informas

Pelestarian bahan pustaka memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:
  1. melindungi
  2. pengawetan
  3. kesehatan
  1. pendidikan
  2. kesabaran
  3. sosial
  1. ekonomi
  2. keindahan

 Berbagai unsur penting yang perlu diperhatikan dalam pelestarian bahan pustaka adalah:
1.      manajemen
2.      tenaga yang merawat bahan pustaka
3.      laboratorium
4.      dana

Kegiatan Belajar 2 Sejarah Bahan Pustaka dan Cara Perawatannya
Bahan pustaka terdiri atas berbagai jenis dan bermacam sifat yang dimilikinya. Dari sejarahnya, manusia menggunakan berbagai medium untuk merekam hasil karya mereka. Bahan yang dipergunakan sesuai dengan pengetahuan manusia serta teknologi pada zamannya.
Bahan yang dikenal sebagai medium perekam hasil budaya manusia adalah: (1) tanah liat, (2) papyrus, (3) kulit kayu, (4) daun tal atau lontar, (5) kayu, (6) gading, (7) tulang, (8) batu, (9) logam (metal), (10) kulit binatang, (11) pergamen (parchmental) dan vellum, (12) leather (kulit), (13) kertas, (14) papan, (15) film, (16) pita magnetik, (17) disket, (18) video disk dan lain-lain. Semua bahan di atas bisa digolongkan sebagai bahan pustaka.

Kegiatan Belajar 3 Sejarah Bahan Pustaka (Lanjutan)
Koleksi terbesar perp
Pustakaan dewasa ini terbuat dari kertas. Sedangkan di masa mendatang mungkin isi sebuah perpustakaan berupa kumpulan disket, karena teknologi komputer memungkinkan demikian.
Kertas bisa dibuat dari berbagai serat yaitu:
  1. serat binatang
  2. serat bahan mineral
  3. serat sintetis
  4. serat keramik
  5. serat tumbuh-tumbuhan.
Kekuatan kertas tergantung dari kekuatan serat sebagai bahan dasarnya.
Bahan pustaka yang lain ialah bahan non-buku yang juga disebut bahan audiovisual, media teknologi, alat peraga dan sebagainya. Materi bahan non-buku begitu bervariasi. Karena itu dalam memelihara bahan non-buku diperlukan berbagai keahlian dan keterampilan khusus. Kita harus memahami apa yang disebut dengan hardware atau perangkat keras dan software atau perangkat lunak. Harus kita fahami cara meng-operasikan peralatan, cara memperbaiki kalau ada kerusakan, dan bisa memeliharanya sehingga bahan-bahan tersebut awet dan lestari.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates