Format Laporan Praktek Kerja Perpustakaan D2 Perpustakaan Bab 2

BAB II
HASIL PRAKTIK PERPUSTAKAAN

A. Pengadaan Bahan Pustaka
Memuat teori-teori tentang jenis bahan pustaka dan pengadaan bahan pustaka (Sumber: modul “Administrasi Perpustakaan” atau “Pengembangan Koleksi”)
Misalnya:
1. Jenis bahan pustaka: karya cetak (buku nonfiksi, buku fiksi, buku referens, terbitan berkala, dan lain-lain)
2. Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam pengadaan bahan pustaka: relevansi, penulis, penerbit, kualitas materi, tahun terbit, dan kebutuhan pengguna.
3. Sumber pengadaan: hadiah, sumbangan, pembelian, atau tukar-menukar dan sebagainya.

Setelah diuraikan teori tentang pengadaan bahan pustaka (dengan mencantumkan sumber), tuliskan pengadaan bahan pustaka yang terdapat di tempat praktik. Uraikan kesesuaiannya dengan teori yang sudah dikemukakan.

B. Pengolahan Bahan Pustaka
Memuat teori-teori tentang pengolahan bahan pustaka (pemeriksaan bahan pustaka, pengecapan, inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, penjajaran koleksi, perlengkapan buku, komputerisasi pengolahan, dan seterusnya) dengan mencantumkan sumber (Sumber: modul “Administrasi Perpustakaan” atau sumber lain)

Setelah diuraikan teori tentang pengolahan bahan pustaka, tuliskan pengolahan bahan pustaka yang terdapat di tempat praktik. Uraikan kesesuaiannya dengan teori yang sudah dikemukakan.

C. Layanan Perpustakaan
Memuat teori-teori tentang pelayanan bahan pustaka (Sumber: modul “Pelayanan Bahan Pustaka” atau sumber lain).

Setelah diuraikan teori tentang pelayanan bahan pustaka, tuliskan sistem pelayanan bahan pustaka yang terdapat di tempat praktik. Uraikan kesesuaiannya dengan teori yang sudah dikemukakan.

D. Statistik Koleksi Perpustakaan
Statistik adalah ilmu tentang pengumpulan data, menggolongkan, menabulasi, dan menganalisis suatu kegiatan. Dalam perpustakaan yang disebut statistik adalah catatan angka-angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolongkan mengenai kegiatan perpustakaan. Statistik berfungsi dalam beberapa tujuan, yakni:
(1) menyusun laporan, (2) mengukur efisiensi berbagai kegiatan dan kinerja pustakawan (3) menyusun rencana dan jasa perpustakaan, (4) bahan pertimbangan dalam penambahan anggaran staf, dan (50 sebagai evaluasi kemajuan atau keberhasilan perpustakaan (Sumber: modul “Administrasi Perpustakaan” atau sumber lain).

Unsur-unhsur yang harus dilaporkan berdasarkan pengalaman/pengamatan di tempat praktik:
1. Pengadaan bahan pustaka: jumlah koleksi yang dibeli, hadiah. Data ini dikelompokkan berdasarkan jenis koleksi dan subjek.
2. Pengolahan bahan pustaka: jumlah koleksi yang dikatalog dan diklasifikasi.
3. Keanggotaan: jumlah anggota dan jumlah pengunjung.
4. Koleksi yang dipinjamkan: Buku yang dipinjam berdasarkan subjek.
5. Layanan rujukan: jumlah pertanyaan yang masuk, pertanyaan yang terjawab dalam waktu singkat.
6. Jasa reproduksi: jumlah koleksi yang direproduksi, jumlah yang difotokopi.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates