Dampak Perkembangan Jaringan Komunikasi

Jaringan komunikasi merupakan istilah yang sering diucapkan oleh semua orang namun pengertian dan penggunaan jaringan komunikasi masih dalam tahap perkembangan di Indonesia karena keterbatasan fasilitas dan pengetahuan tentang jaringan komunikasi terus berkembang seiring kemajuan teknologi. dikarenakan teknologi yang terus maju dan berkembang, terdapat variasi dan cara dalam melakukan komunikasi antar manusia yang menyebabkan dapat menyebarnya informasi dengan cepat .

Sebelum kita membahas jaringan komunikasi sebaiknya kita mengetahui pengertian komunikasi, definisinya dan teknologi yang dapat digunakan dalam membuat jaringan komunikasi. Asal mula kata komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu Communico atau communicare yang berarti membuat sama (make to common). secara sederhana dapat dikatakan komunikasi terjadi bila terdapat kesamaan pemahaman antara pengirim pesan terhadap penerima pesan. Jadi komunikasi tergantung kemampuan penerima pesan dalam memahami pesan yang disampaikan oleh sender / pengirim pesan. Berikut pengeritan komunikasi menurut para ahli.

  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi tiga (2001) : Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami ; hubungan ; kontak sedangkan arti dari berkomunikasi adalah berkomunikasi.
  2. Menurut Wikipedia : suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Dari pengertian tersebut, komunikasi memiliki banyak perbedaan prinsip dasar dari arti komunikasi itu sendiri. Menurut saya komunikasi adalah proses penyampaian pesan kepada seseorang dengan media tertentu agar pesan dapat diterima oleh penerima pesan dengan harapan penerima pesan akan memberikan respon.
Setelah kita mengetahui definisi dan makna Komunikasi. sekarang kita akan memperdalam makna jaringan komunikasi. berikut adalah pengertian jaringan komunikasi menurut para ahli :
  1. Menurut Rogers, (1983). Jaringan komunikasi adalah suatu jaringan yang terdiri individu individu yang saling berhubungan yang dihubungkan oleh arus komunikasi yang terpola.
  2. Menurut Farace (Berberg dan Chaffee, 1987). Jaringan komunikasi adalah suatu pola yang teratur dari kontak antara person yang dapat diidentifikasikan sebagai pertukaran informasi yang dialami seseorang didalam system sosialnya.
Dari pengertian diatas kita dapat menyimpulkan jaringan komunikasi sebagai suatu jaringan yang memberikan informasi, peristiwa, berita, pengetahuan yang disebarkan dari mulut kemulut maupun menggunakan alat dengan system menyebar kepada orang yang akan disampaikan sehingga terjadi suatu kepahaman pada suatu anggota / kelompok yang diberi informasi.
Sarana yang dapat dilakukan untuk melakukan komunikasi adalah Televisi, Radio, Blog, Email, Jejaring social, Telephone, SMS, chat, Video chat, surat dan media massa lainnya. Dengan banyaknya sarana yang dapat dilakukan untuk komunikasi mempermudah manusia dalam kebutuhan penyampaian informasi ke orang lain. Ada beberapa jaringan yang digunakan dalam bidang telekomunikasi, yaitu Wireless, Modem, Satelit, Wireline. Telepon yang menggunakan kabel (wireline), dapat juga digunakan mengakses internet, yaitu dengan cara menghubungkan kabel telepon ke port komputer. Akan tetapi, ada juga telepon yang menggunakan jaringan wireless atau jaringan tanpa kabel, seperti Telkom Flexi.
Salah satu jaringan komunikasi adalah jejaring social, merupakan suatu fenomena dimana manusia dapat berkomunikasi dengan manusia lain yang menyebabkan berbagai dampak positif dan negative. dampak dampak tersebut disebabkan oleh fungsi dari jejaring social yang terus menerus bertambah fungsinya. fungsinya antara lain adalah, chating, video chat, memuat group tertutup dan hanya dapat dimasuki / diakses oleh orang yang satu group, melihat profile seseorang dan lain lain. Contoh dampak negatifnya adalah dengan adanya jejaring social manusia dapat menjadi lupa waktu, narsis berlebihan , terlalu mencampakan dunia di sekitarnya, terdapat kasus penipuan, penculikan, di hack profilenya, privasi yang tidak terjamin keamanannya. Sedangkan dampak positif dari jejaring social berkomunikasi lebih murah, berkomunikasi lebih cepat, informasi dapat diketahui lebih cepat, memperikat silaturahim bersama teman dan keluarga, mengetahui perkembangan dan kemajuan di dunia luar. Dengan kedua dampak positif dan negative dari jejaring social maka dapat dipahami dan diketahui bahwa kita harus menjaga dampak positif dan menghindari dampak negatifnya.
Berikut terdapat kekurangan dari menggunakan jejaring social sebagai media jaringan komunikasi.
  1. Dengan menggunakan jejaring social akan menjadikan fungsi yang positif menjadi hal yang negative contohnya kebanyakan orang yang menggunakan jejaring social tidak akan mengingat waktu sudah berapa lama dan ini akan mengubah kehidupan social.
  2. Dengan menggunakan jejaring social juga akan menjadikan seseorang malas dan menimbulkan rasa ketergantungan terhadap orang lain. karena malas menjadi suatu musuh terbesar dalam mencapai target/ tujuan.
  3. Dari sikap malas seseorang sulit untuk menyadari lingkungan di sekitarnya bahkan sudah tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya.
Dari ketiga contoh diatas, terdapat keuntungan dan kekurangan dengan kemajuan teknologi. disisi lain seseorang menjadi lebih praktis mendapat informasi dan disisi lain pula seseorang akan menjadi orang yang malas terhadap lingkungan dan kehidupannya.
Dengan munculnya jejaring social di masyarakat telah mengubah dunia yang sebelumnya luas menjadi sempit , untuk berkomunikasi selain jejaring social ada juga email, email lebih kepada surat atau message yang berfungsi mengirim pesan kepada email lain seperti teman, kerabat dan lain lain. email juga lebih cepat dan efisien di bandingkan dengan surat biasa. Keberadaan email sudah ada sejak 1965 di MIT. Penggunaan tanda @ sebagai penunjuk alamat telah diperkenalkan oleh Ray Tomlinson pada 1971. (Dasar - dasar teknologi informasi 4.14 )
Dengan adanya jejaring social dan email sebagai contoh jaringan komunikasi via internet pada jaman sekarang orang hampir tidak mungkin ketinggalan informasi, terutama di daerah perkotaan. Tentunya dengan kemajuan teknologi komunikasi maka jaringan komunikasi dapat dilakukan lebih efisien dan cepat. Jaringan komunikasi akan menjadi suatu solusi yang mempermudah manusia mendapatkan informasi dari orang ke orang lain dengan cara beruntun.
Dalam teknologi komunikasi terjadi gabungan perangkat antara perangkat satu dengan lainnya contohnya televisi dengan satelit. dengan teknologi komunikasi yang sangat maju, terdapat fenomena dimana inovasi inovasi muncul yang menjadikan kita menjadi sangat mudah dalam melakukan komunikasi. Pada tahun 2014 diperkirkiran pula mobile akan menjadi pengganti computer desktop sehingga pada tahun 2014 manusia sudah jarang menggunakan desktop tetapi lebih sering menggunakan mobile. Dengan fenomena tersebut kita dapat melakukan jaringan komunikasi akan semakin berkembang dan semakin mudah dilakukan kepada orang lain

Jaringan komunikasi merupakan hal yang postif dalam kehidupan sehari hari. kita dapat mendapatkan berbagai informasi dari teman . dengan ter update secara terus menerus. media dalam penyebaran informasi kita dapat menggunakan SMS, Email, Jejaring Sosial dan lain lain yang menurut kita dapat di pahami oleh pengirim dan penerima informasi teknologi tersebut .namun seiring kemajuan teknologi, jaringan komunikasi meningkat penggunaanya dengan berbagai macam media. karena kemajuan tersebut manusia menjadi ketergantungan terhadap orang lain, kemajuan teknologi pula menjadikan seseorang malas. malas terbagi menjadi dua : malas dikarenakan seseorang jenius, kreatif dan malas yang hanya sekedar mengisi waktu luang dan terbuang sia sia. Rasa malas adalah rahmat,yang dianugrahkan kepada semua orang. Tapi, tidak setiap orang menggunakan rasa malas untuk membesarkan dirinya. Jadi, malaslah untuk menjadi pribaadi yang tidak bernilai. Untuk menghindari malas yang merugikan, kita harus mendapatkan informasi, ilmu dan pengetahuan mengenai dampak buruk dari kemalasan itu sendiri. jadi dalam menjalani hidup kita harus kreatif demi menghindari terjadinya kemalasan yang negatife.
Penulis : Ani Endarwati
Mahasiswa D2 perpustakaan Upbjj-ut purwokerto Pokjar sruweng Kebumen
Sumber :

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates