Cara Menambah Koleksi Jurnal Ilmiah di Perpustakaan

Hari kemarin, tepatnya sebelum sholat jum'at saya kedatangan tamu dari jakarta, dia memperkenalkan dari pustakawan di salah satu lembaga pemerintahan di jakarta, saya sendiri belum begitu mengenalnya, namun dia telah tau tentang saya karena katanya saya kakak angkatannya saat masih kuliah di jogjakarta.

Dari beberapa obrolan yang cukup singkat, intinya dia menceritakan kerjaannya saat dikantor, kebetulan dia bertugas dibagian informasi pustaka atau dia bahasakan sendiri dengan peminjaman online.

Banyak pengunjung online yang ia layani, baik pemesanan, maupun bantuan pencarian koleksi jurnal. Dia sendiri sebagai petugas sangat senang sekali, bukan karena kerjaannya yang tidak menggunakan fisik, namun karena banyaknya pemesanan pencarian jurnal tersebut. Dia mencaritakan bagaimana melayani jurnal ilmiah yang banyak dicari oleh mahasiswa, dosen, serta peminat lain yang membutuhkannya.

Beberapa saat kemudian, ketika saya menanyakan bagaimana anda melayani mereka?, kita tahu bahwa sanya kebanyakan penyedia jurnal ilmiah memasang tarif yang lumayan tinggi, apakan anda juga memasang tarif yang sama?, hahaha sembari tertawa dia bilang "gayus ada dimana-mana. Sebegai petugas, sebenarnya saya hanya sebatas melayani, namun karena kebaikan user, maka saya sendiri sering sekali mendapatka tips (uang) dari mereka, sehingga saya sendiri sangat senang melayani mereka, bahkan saya sendiri mencoba mencari jurnal sebanyak-banyaknya agar usernya semakin bertambah, sehingga kemungkinan tips juga ikutan bertambah" ujarnya.

Inti dari pertemuan kemarin, pada dasarnya bagaimana kita sebagai sebagai pustakawan bisa melayani user yang ada sebaik mungkin, kerja kita serta kepercayaan user merupakan keberhasilan kita mengelola perpustakaan, baik online maupun offline.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates