Momok Perpustakaan Masa Depan

Perpustakaan merupakan bagian dari sebuah lembaga, baik dibawah naungan Pemerintah maupun non pemerintah, berdiri dipojok belakang lembaga itu, artinya perpustakaan memang masih dipandang sebagai pelengkap saja, namun kalu kita telisik lebih jauh, perpustakaan merupakan bagian yang tak bisa terpisahkan dari lembaga itu sendiri, minimal sebagai wahana untuk mendukung kemajuan SDMnya. Banyak sekali cara yang bisa dilakukannya untuk meningkatkan mutu sdm, diantaranya dengan memfasilitasi perpustakaan sebagai wahana pembelajaran, mencari pengalaman baru dan sebagainya, dengan adanya perpustakan, selain sebagai bahan referensi, juga bisa dijadikan wahana rekreasi, tentunya bagi yang suka membaca buku, yah minimal mau memegang buku.
Pada perkembangan teknologi seperti yang kita rasakan saat ini, keberadaan perpustakaan bisa dikatakan tidak diperlukan lagi, karena dengan kemajuan teknologi tersebut (internet) kita bisa mencari informasi jauh lebih banyak dari informasi yang ada di perpustakaan. Namun pertanyaannya, mampukah kita memanfaatkan teknologi tersebut? Atau paling tidak adakah teknologi tersebut dilingkungan kita?, jikalau kita berada diperkotaan, hal semacam ini mungkin mudah dijumpai, misalnya warnet, sekolah favorit atau dikampus-kampus, namun kalau kita masuk ke desa, apakah ada fasilitas tersebut? Mampukah orang-orang disekitar desa kita memberikan fasilitas tersebut?, kamungkinan besar sangat keberatan sekali karena memang biaya untuk membangun fasilitas tersebut sangatlah besar.
Ketidakmampuan kita untuk mencukupi wahana teknologi merupakan momok bagi kita akan tertinggalnya kemajuan teknologi yang semakin pesat, orang kota sudah mengenal berbagai macam jual beli online, tidak sedikit orang desa yang mengenal computer. Dari ulasan tersebut, ketidakmampuan orang untuk mengenal teknologi yang semakin pesat, ketertinggalan yang semakin jauh, pergi ke perpustakanlah media terahir, murah meriah dan mudah dijumpai yang harus dilakukannya, minimal untuk bisa mengimbangi perkembangan yang telah berlalu.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates