Kriteria perpustakaan sekolah berstandar internasional

Berbicara mengenai Sekolah Berstandar Internasional (SBI) tentunya kita tetuju pada kualitas yang serba bagus, mumpuni dan profesional. Bagaimana tidak, adanya SBI, sekolah tertentu akan semakin maju baik dari segi manajemen, SDM, maupun kualitas peserta didiknya.
Seperti halnya dengan perpustakaan, merupakan hal penting yang tidak bisa dikesampingkan, bahkan bisa dibilang wajib, artinya semua sekolah SBI wajib memiliki perpustakaan. Lantas apa yang dimaksud perpustakaan di sekolah SBI?, apa cukup hanya sebatas formalitas saja?, ternyata tidak, perpustakaan di sekolah SBI memiliki kriteria husus yang harus dilengkapi. Kriteria tersebut diantaranya adalah:
1. Dilengkapi dengan sistem perpustakan digital yang berfungsi baik, hal ini dibuktikan dengan software yang digunakan harus user friendly, yakni mudah dipahami dan mudah dioperasikan oleh petugas perpustakaan.
Untuk user atau pemakai perpustakaan, fungsi dari sistem perpustakaan digital sangat membantu untuk pencarian koleksi yang dicari.
2. Memiliki beberapa koleksi e-book dan e-journal, baik yang berhubungan dengan mata pelajaran maupun non mata pelajaran.
3. Dilengkapi dengan jaringan internet yang memadai, yakni fasilitas komputer untuk user yang ada diperpustakaan terhubung langsung dengan internet serta bagi user yang membawa laptop atau handphone berfasilitas wifi sudah selayaknya bisa menikmati fasilitas Hostpot area.
4. Jumlah koleksi yang ada setidaknya tidak kurang dari 3.000 judul buku baik berupa koleksi fiksi, koleksi non fiksi dan koleksi referensi.
Beberapa kriteria diatas merupakan beberapa kriteria yang harus dilengkapi di perpustakaan sekolah SBI, namun bagi sekolah yang belum memenui syarat SBI sudah selayaknya mempersiapkan lebih dini agar pada saat memiliki kesempatan untuk SBI tidak kerepotan. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates