Praktek Kerja Perpustakaan Uji Kemampuan Mahasiswa

Program Praktek Kerja Perpustakaan (PKP) bagi mahasiswa D2 Perpustakaan dilaksanakan agar mereka dapat lebih mengenal kegiatan-kegiatan nyata dalam ruang lingkup perpustakaan.

Program tersebut merupakan suatu kerja sama antara pihak perguruan tinggi dan tempat praktek perpustakaan, yang dengan sungguh-sungguh menanganinya untuk suatu tujuan bersama yaitu menciptakan tenaga profesional muda yang siap ditempatkan di lapangan kerja (calon pustakawan).


PKP merupakan tempat mahasiswa akan menerima petunjuk dan bimbingan yang sangat berarti dalam bentuk kegiatan pelatihan serta pengenalan terhadap sistem operasional, etika pustakawan, organisasi dan hirarki dalam perpustakaan, perilaku dan keinginan tamu dan sebagainya.


Program ini juga diharapkan dapat memberikan keuntungan timbal balik bagi kedua belah pihak yaitu Perguruan tinggi dan pihak sekolah.


Dengan program kerja yang telah termaktub, mahasiswa diharapkan dapat:
  1. Melatih dan mengembangkan sumber daya manusia melalui sarana dan fasilitas yang terdapat dalam perkuliahan dan praktik guna memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja profesional di masa yang akan datang.
  2. Memberikan kepada para mahasiswa bentuk pengalaman nyata serta permasalahan yang dihadapi dunia kerja dan menumbuhkan rasa tanggung jawab profesi.
  3. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat menyatukan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dengan wawasan kegiatan suatu bidang agar mereka dapat lebih percaya diri dan selalu mandiri dalam perkembangan karir di masa yang datang.
  4. Menambahkan kepada para mahasiswa pengertian akan lingkungan organisasi bidang usaha komplek dengan berbagai kegiatan di dalamnya.
  5. Membantu perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja lepas yang berwawasan akademi

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates