Layanan Sirkulasi di Perpustakaan

Perpustakaan merupakan sumber informasi, dimana berjuta-juta ilmu tersimpan, namun tanpa adanya pemanfaatan yang baik, fungsi perpustakaan serasa tak ada manfaatnya. Salah satu pelayanan perpustakaan yang merupakan pokoknya kegiatan diperpustakaan adalah sirkulasi atau yang sering dikenal dengan pelayanan.
Makna pelayanan perpustakaan memiliki cakupan yang sangat luas, tidak hanya sebatas meminjam dan mengembalikan saja, namun diantara makna pelayanan lain yaitu penagihan keterlambatan, penelusuran informasi, pembuatan kartu anggota dan lain sebagainya.
  1. Pelayanan peminjaman dan pengembalian, pelayanan ini merupakan pokok kegiatan diperpustakaan. tidak akan ada fungsi jika perpustakaan tidak ada pelayanan peminjaman dan pengembalian.
  2. Pembuatan Kartu Anggota, ini merupakan kegiatan kondisional, artinya kegiatan yang diperlukan jika ada anggota baru, atau perubahan data anggota.
  3. Pelayanan penelusuran informasi, kegiatan ini biasa dikenal dengan pelayanan yang memberi bimbingan penelusuran, baik itu penelusuran manual (melalui katalog) maupun melalui teknologi informasi (opac), namun tidak hanya itu, penelusuran informasi disini juga membantu pencarian non katalog dan opac, misalnya pencarian pengetahuan di internet.
Sedikit ulasang diatas merupakan bagian kegiatan pelayuanan yang ada diperpustakaan, banyak sekali macam bentuk pelayanan diperpustakaan, namun secara umum yang termaktub diataslah yang bisa dijadikan patokan batasan kegiatan pelyanan diperpustakaan.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates