Merawat Koleksi Buku Pribadi

Buku merupakan sesuatu yang khas bagi penggemarnya. Terkadang seseorang rela mengeluarkan koceknya demi membeli sebuah buku untuk dikoleksinya, salah satunya mungkin orang tersebut adalah Anda sendiri. Bagi penggemar buku, lambat laun koleksi buku pasti menumpuk di rak dan dimeja sehingga terkadang Anda sudah lupa jenis koleksi apa saja yang telah dimiliki, berapa jumlahnya, dimanakah letaknya atau juga suatu hari mungkin Anda butuh menyusun sebuah laporan dan membutuhkan sebuah buku sebagai referensi, ada kemungkinan Anda akan susah menemukan dalam waktu cepat bukan?

Menata Koleksi dan Pemberian Identifikasi

Dalam kasus diatas, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menata dan mengelompokkan buku berdasar jenisnya. Letakkan buku di lokasi yang mudah dilihat dan dijangkau dengan posisi punggung bisa dilihat oleh siapapun. Jangan meletakkan buku dengan posisi menumpuk karena dapat menyusahkan pencarian serta membuat suasana ruangan menjadi tampak kumuh.

Jika Anda ada waktu, berilah masing-2 buku sebuah penomoran kode yang mewakili informasi buku tersebut. Bentuk penomoran ini biasanya didalam ilmu perpustakaan dikenal sebagai No.Panggil/No.Klas. Selain itu, biasanya sebuah buku akan diberi keterangan kategori yang dikenal dengan istilah Subyek. Namun bagi Anda yang tidak mempunyai latar belakang ilmu perpustakaan, aturan tersebut bukanlah suatu hal yang mutlak untuk diterapkan pada koleksi Anda. Cukup gunakan aturan penomoran yang baik dan bisa dimengerti oleh Anda sendiri, teman ataupun keluarga. Begitu juga dengan pemberian Subyek, cukup gunakan kategori umum yang mungkin biasanya Anda lihat di toko-2 buku. Selanjutnya, pemberian sampul plastik dan label penomoran yang baik akan dapat menambah kerapian dan keindahan koleksi buku Anda. Dengan diberi sampul, kondisi kover buku akan menjadi awet dan terawat sehingga tidak cepat rusak.

Membuat Katalog Koleksi Buku

Setelah koleksi buku tertata dengan baik, langkah selanjutnya adalah mencatat semua koleksi buku yang Anda miliki. Proses pencatatan bisa dilakukan menggunakan media kertas atau bisa juga dicatat dalam sebuah file di komputer. Jika Anda memiliki sebuah komputer atau laptop, mungkin opsi yang kedua ini bisa dijadikan pilihan yang tepat karena dengan melakukan catatan dalam bentuk database di komputer maka proses pengolahan data dan pencarian balik informasi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Gunakan aplikasi yang Anda kuasai agar pengolahan datanya tidak merepotkan Anda.

Tukar Menukar Koleksi Buku

Mungkin saja beberapa koleksi buku yang Anda miliki sudah tidak uptodate atau isinya tidak terlalu menarik padahal buku tersebut sudah terlanjur dibeli dengan harga mahal. Solusinya, coba lakukan tukar menukar koleksi dengan teman Anda. Tukar menukar koleksi buku ini biasanya sering terjadi antar penggemar buku jika mereka sudah tidak membutuhkannya. Selain koleksi yang Anda miliki tidak terbuang percuma atau teronggok di tempat sampah/loak, budaya tukar menukar koleksi bisa menghemat uang untuk membeli buku baru.

Semoga apa yang penulis paparkan diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua. Selain koleksi buku, tips diatas juga dapat diterapkan pada koleksi lain seperti VCD, Kaset, dll.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates