Empat Koleksi Wajib di Perpustakaan

Adanya perkembangan Iptek sudah semestinya akses informasi dan jenis koleksi pustaka bertambah pula. Untuk membangun koleksi perpustakaan perlu dilakukan seleksi, tidak mungkin sebuah perpustakaan bagaimanapun besarnya akan menghimpun semua bahan pustaka yang ada. Penyeleksian ini bertujuan agar bahan pustaka tidak terlepas dari perkembangan zaman dan kebutuhan pengguna/user itu sendiri sehingga pemanfaatan perpustakaan mengenai sasaaran. (Soeatminah,1992:32)
Banyaknya jenis dan jumlah bahan pustaka menjadi sebuah tantangan bagi pustakawan untuk bisa memilih bahan pustaka yang cocok dan memenuhi kebutuhan pemakaiannya. Tidak mungkin sebuah perpustakaan koleksi yang tersedia jauh tidak tersentuh dari pengguna karena terjadi benturan antara pengetahuan masyarakat dengan koleksi yang tersedia di perpustakaan (tidak sinkron).
Ada empat jenis bahan pustaka yang tercakup dalam koleksi perpustakaan yang “wajib” dimiliki oleh setiap perpustakaan. Jika tidak dimiliki secara utuh, terkesan tidak ideal jika itu sebuah perpustakaan. Empat hal tersebut (Sulistyo, 1991:15) yaitu: (1) Karya cetak, (2) Karya non cetak, (3) Bentuk mikro, dan (4) Karya dalam bentuk elektronik.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates