Pancasilaku Rontok Satu

Buku paket ajar pendidikan karakter bangsa mengenai Pancasila yang mengalami salah cetak tersebut telah beredar di sekolah-sekolah dasar Gunung Kidul, Yogyakarta. Buku yang berjudul "Pancasila Dasar Negaraku, Bhineka Tunggal Ika Semangatku"dan ditulis oleh Valentina Rian Prastiwi dari Kementerian Pendidikan Nasional memuat kesalahan fatal.
Ironisnya Kemendiknas mengirimkan buku paket untuk anak SD ini secara langsung ke pihak sekolah. Sehingga Dinas Pendidikan Dasar di daerah tidak mengetahui adanya kesalahan tersebut. Anehnya kesalahan cetak Buku acuan terbitan Nobel Edumedia tahun 2010 ini tidak hanya terjadi di satu halaman, tapi empat halaman, yakni di halaman 9,10, 24 dan 35, yang dalam buku tersebut tertulis sila keempat Pancasila adalah ”Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam Permusyawaratan Perwakilan” padahal secara eksplisit teks yang benar adalah “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”.
Seperti dikutip direpublika, Kementerian Pendidikan Nasional telah menyerukan agar buku paket pendidikan karakter bangsa berjudul “Pancasila Dasar Negaraku, Bhinneka Tunggal Ika Semangatku” karangan Valentina Rian Prastiwi ditarik dari peredaran. Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Kapuskurbuk) Diah Harianti, mengatakan kemungkinan pengadaan buku tersebut berasal dari sekolah yang bersangkutan. "Kami belum pernah merekomendasikan buku itu, karena buku itu baru didaftarkan di Puskurbuk untuk dinilai," katanya.
Sejak beredarnya buku paket salah cetak tersebut, Para guru khawatir, pasalnya  sejumlah sekolah yang telah menggunakan buku tersebut bisa dipastikan siswa akan tersesat pada pemahaman sila Pancasila dan Pembukaan UUD 1945. 

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates