ukuran Kartu Perpustakaan yang Ideal

Selamat siang pembaca semuanya, pagi ini saya akan bercerita sedikit mengenai kartu anggota perpustakaan yang saya yakin setip pustakawan atau perpustakaan itu sendiri mengidamkan kartu anggota yang ada sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tulisan ini berawal dari kunjungan saya ke perpustakaan komunitas yang berdiri atas swadaya masyarakat dan dibantu oleh beberapa LSM. Singkat cerita saya pertama datang keperpustakaan tersebut tiba-tiba langsung melihat kartu anggota perpuatakaan yang bercampur dengan daftar peminjaman. Saya melihat kondisi ini masih banyak dijumpai diperpustakaan kita jika masih menggunakan sistem manual.

Kembali keukuran kartu, kartu yang saya temukan diperpustakaan tersebut sekitar 10 cm x 13 cm, cukup besar, apalagi kartu tersebut menggunakan kertas karton yang tebal, untungnya kartu tersebut ditingal diperpustakaan jadi tidak cepat rusak.

Pada dasarnya, mengacu pada ukuran kartu anggota untuk perpustakaan yang masih manual tidak harus sebesar tersebut diatas, kita bisa merekayasa seminimal mungkin dan dengan model seunik mungkin sehingga kartu tersebut bisa dibawa anggotanya masing-masing. Misalnya saja membuat ukuran kartu anggota sebesar ukuran KTP atau ATM memanjang sehingga bisa dilipat sebesar kartu ATM tersebut, jadi nantinya bisa dibawa dengan mudah oleh anggotnya.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates