Tumbuhkan Minat Baca Anak dengan Becak Goyang

Perpustakaan yang memanfaatkan permainan odong-odong (Foto: Sony H/Sindo TV) SIDOARJO- Banyak cara dilakukan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, terutama minat baca anak-anak. Salah satunya tidak terlepas dari permainan yang kini diminati oleh anak-anak yaitu naik becak goyang.

Bait Kata Library, yang dikomandani oleh Iffa Suraiya, mencoba berinovasi menggabungkan antara becak goyang dengan diberi perpustakaan mini.

Alhasil, anak-anak pun jadi tertarik naik becak, yang populer dengan nama odong-odong, sembari dibacakan dongeng oleh penariknya.

Erik, peminat perpustakaan keliling, mengaku senang dengan adanya perpustakaan keliling ini, karena bisa melihat dan membaca buku-buku baru yang tidak ada di perpustakaan sekolah.

Kadim, relawan perpustakaan keliling, mengatakan dirinya bekerja keliling ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Sidoarjo untuk menumbuhkan minat baca para siswa.

Sementara itu Iffa Suraiya, pemilik perpustakaan keliling, mengaku kegemarannya membaca ingin ditularkan ke generasi penerus dengan jalan pendekatan psikologi terhadap anak, yaitu dengan perputakaan dikolaborasikan dengan permainan anak-anak.

Bait Kata Library berdiri sejak September 2011 dan berlokasi di Perumahan Larangan Mega Asri B 10 Kecamatan Candi, Sidoarjo. Hingga kini koleksi bukunya mencapai 5.000 dan lima unit kendaraan untuk perpustakaan keliling, yakni satu unit odong-odong, becak, motor, sepeda angina, dan satu unit mobil. (Sindo TV / Sony Hermawan / kem)
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates