Music on Library

Tulisan ini saya tulis setelah membaca artikel disurat kabar yang saya sendiri tidak tahu nama surat kabar tersebut, karena yang saya dapatkan hanya selembar artikel yang telah difoto copy. Artikel tersebut saya dapatkan dari kakak saya yang dulu pernah mengikuti pelatihan pengelolaan perpustakaan madrasah di kebumen yang diselenggarakan kalo tidak salah oleh FKBA. Saat saya masih duduk dibangku kuliah, kegiatan dan hasil karya FKBA sangat sering terdengar ditelinga saya, namun tidak tahu sekarang masih exsis atau tidak saya tidak tahu. 

Berkaitan dengan judul yang saya tulis, merupakan inspirasi dari artikel yang saya baca, yaitu "Music on Library" yang mana memang keberadaan musik sangat diperlukan dalam sebuah perpustakaan. Coba kita bayangkan saat kita masuk ke Mall, secara umum kita akan merasa nyaman, terutama lantunan musik yang indah dan enak didengar yang membuat kita tak terasa ternyata sudah berjam-jam di mall tersebut dan merasa lebih enak memilih barang yang akan kita beli.

Pertanyaanya, bagaimana perpustakaan kita serasa seperti mall yang banyak digandrungi pengunjung untuk mencari informasi atau meminjam koleksi yang ada?. Pertanyaan ini sangat sering ditanyakan, baik oleh mahasiswa maupun oleh petugas perpustakaan itu sendiri. 

Salah satu solusi yang pernah saya laksanakan agar pengunjung bisa merasa lebih betah diperpustakaan adalah dengan memutar lagu atau musik di perpustakaan. Musik memang oleh sebagaian orang kadang dianggap sebagai support, namun oleh sebagian orang ada juga yang benci dengan musik. Namun pada umumnya, masyarakat kita, termasuk pengunjung di perpustakaan kita merasa bahwa musik kalo diresapi bisa menambah semangat kita. Seperti halnya di perpustakaan saya, setiap hari selalu saya putarkan musik layaknya mall, dengan lantunan musik yang telah dipilih dan disesuaikan dengan waktu dan cuaca sehingga pengunjung merasa nyaman dan enak untuk menikmati koleksi yang ada diiringi lantunan musik yang enak didengar, bahkan tidak sedikit pengunjung yang reques musik yang ada.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates