Faktor yang harus Anda perhatikan sebelum mengikuti wawancara kerja

Beberapa faktor yang harus Anda perhatikan sebelum mengikuti wawancara kerja sebagai berikut:
1. Cukup istirahat
Sehari sebelum wawancara diadakan, usahakan untuk beristirahat dengan cukup agar Anda tidak terlihat loyo dan mengantuk pada keesokan harinya.

2. Sarapan pagi
Pastikan Anda sudah sarapan pagi sebelum pergi menuju tempat wawancara. Khususnya bagi yang mengikuti walk-in- interview atau wawancara di bursa kerja. Ada baiknya pula Anda membawa sedikit makanan dan minuman di dalam tas, hanya untuk berjaga-jaga jika harus menunggu giliran sampai jam makan siang.

3. Kenali perusahaan
Sebelumwawancara, hendaknya Anda mengetahui latar belakang perusahaan tujuan Anda. Anda dapat melihat website-nya atau pada saat Anda sedang menunggu dipanggil untukdiwawancarai, bacalah brosur-brosur yang berisi tentang perusahaan ini. Banyak pewawancara yang memulai wawancaranya dengan pertanyaan, "Apo yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?"

4. Tahu lokasi wawancara
Sehari sebelum diadakannya wawancara, ada baiknya Anda mencari gedung atau tempat diadakannya wawancara. Anda juga harus mencari tahu kendaraan terbaik untuk pergi ke sana dan waktu tempuhnya. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan cukup waktu setelah sampai di tempat tujuan untuk merapikan diri atau menenangkan diri karena biasanya saat-saat seperti ini membuat Anda berdebar-debar. Jika hal ini terjadi Anda akan kehilangan konsentrasi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pewawancara.

5. Berpakaianlah yang rapi
Jika tidak ada pemberitahuan pakaian yang harus Anda pakai, pakailah pakaian yang bersifat formal dengan warna yang tidak mencolok. Bagi perempuan, hindarkan memakai riasan wajah yang terlalu tebal dan perhiasan yang tidak perlu.

6. Persiapkan diri Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pewawancara
Beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah menjawab permintaan pewawancara untuk menceritakan tentang diri Anda, pekerjaan Anda terdahulu, alasan Anda menginginkan pekerjaan ini, dan yang paling sering untuk bagian penutup adalah gaji yang Anda minta.

7. Persiapkan surat lamaran dan daftar riwayat hidup
Bawalah surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup, dan sertifikat¬sertifikat yang menunjang kemampuan Anda pada saat dipanggil untuk mengikuti wawancara kerja, khususnya mengikuti walk¬in-interview.

8. Matikan telepon seluler
Matikan telepon seluler Anda sesaat sebelum masuk ruang wawancara agar konsentrasi Anda tidak terganggu oleh bunyi telepon atau sms yang masuk

9. Hindari makan, minum, dan merokok selama wawancara
Sebaiknya tidak mengunyah permen karet dan merokok pada saat wawancara sedang berlangsung. Serta hindari makan atau minum, pada saat wawancara berlangsung jika wawancara tidak dilakukan di restoran, pada saat makan siang, atau makan malam.

10. Selalu berpikir positif
Meskipun gugup, percayalah bahwa Anda mampu melalui tes wawancara ini. Hindari membuat penilaian-penilaian negatif mengenai pewawancara dan hindari melempar kritik yang pedas kepada pewawancara atau perusahaan.

11. Siapkan peralatan menulis
Ada baiknya Anda mempersiapkan buku agenda beserta pulpen sebelum melakukan wawancara kerja karena perusahaan tersebut akan langsung memberikan pengumuman singkat mengenai apa-apa saja yang harus Anda lakukan setelah tes, tanggal, dan waktu akan diadakannya tes lanjutan yang berhubungan dengan kompetensi Anda.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates