PKP Bukti Kemandirian Mahasiswa

Baru-baru ini saya kedatangan beberapa mahasiswa dari D2 Perpustakaan Universitas Terbuka (UT) guna bimbingan penulisan laporan praktek perpustakaan (PKP) dibeberapa sekolah. Ada hal menarik dari kedatangan mahasiswa tersebut, pasalnya hampir sebagian besar mahasiswa yang ada dari segi pengalaman memang masih sangat minim. Sangat wajar, sistem perkuliahan mereka karena sistem jarak jauh, artinya mereka belajar hanya dengan Modul yang telah dipersiapkan oleh pihak perguruan tinggi.

Tidak ada yang aneh, memang seorang mahasiswa dituntuk untuk belajar mandiri (tanpa mengharuskan pembelajaran di kelas seperti anak SMA), kemandirianlah yang sangat diperlukan bagi seorang mahasiswa, atau yang sangat diperlukan diskusi dengan teman.

Seperti halnya dengan mahasiswa UT, dengan sistem pendidikan jarak jauh, meski sebagian mata kuliah ada yang ditatapmukakan (ditutorialkan), namun pada dasarnya fungsi tutor sebenarnya hanya sebatas teman pendamping belajar. Oleh karenanya, dalam tutorial dibatasi dengan delapan kali pertemuan, dengan tiga kali penjajagan kemampuan pemahaman modul.

Terkait PKP, ada beberapa pokok penting yang menjadi garapan mahasiswa pkp, yakni terkait kegiatan pokok di perpustakaan, diantaranya pengadaan, pengolahan, pelayanan dan pembuatan statistik perpustakaan. Dari kegiatan pkp ini, mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan berbagai pemahaman yang telah dipelajari dimodul selama masa studi yang dibuktikan dalam PKP yang kemudian didokumentasikan dalam bentuk laporan.


0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates