Jaringan Komunikasi Berbasis Komputer

Jaringan Komunikasi data adalah pergerakan data dan informasiyang di kodekan dari suatu titik ke titik yang lain melalui peralatan listrik atau elektromagnetik,kabel serat optic(fiber optic cables),atau sinyal gelombang mikro (microwave signal).istilah-istilah lain yang digunakan adalah teleprocessing, telekomunikasi, telecom dan datacom.komunikasi data merupakan suatu proses pengiriman dan penerimaan data antara dua atau lebih sumber yang lokasinya berbeda dengan memakai media transmisi,sistemteknologi yang di gunakan merupakan perpaduan antara teknik telekomunikasi dan teknik pengolahan data.secara umum komunikasi dalam masyarakat bisnis misalnya,adalah komunikasi antar personal computer (pc)sehingga informasi dapat diolah secara cepat dan akurat.

Untuk menanggulangi permintaan informasi cepat,kerja sama yang ada perlu di tingkatkan dalam suatu jaringan informasi bersarana computer,anggota jaringan dalam hal ini di persyaratkan memiliki sebuah pangkalan data ,dengan demikian maka dapat di kembangkan system jaringan komunikasi data.untuk memperlancar komunikasi data perlu di adakan jaringan komunikasi yang memungkinkan beberapa system computer saling mempergunakan atau berbagi sumber dayasecara bersama sehingga dapat mencegah ketergantungan pada pusat di dalam jaringan tersebut,kelancaran komunikasi jaringan ini sangat tergantung pada jenis aplikasinya,pada dasarnya,cara komunikasi yang digunakan ada dua macam , yaitu :broadcast dan point –to point.

Bentuk komunikasi computer yang paling sederhana adalah satu terminal di hubungkan dengan satu computer,pesan computer harus bergeak melalui satu saluran ,banyak teknologi di gunakan dalam jaringan computer,tetapi yang paling umum adalah sirkuit telephoneyang sama seperti yang di gunakan dalam komunikasi suara,satu sambungan telephone standar dapat menyediakan 24 saluran, agar sirkuit telephone dapat di gunakan untuk jaringan computer ,peralatan khusus harus di sertakan pada tiap ujung saluran ,alat ini di namakan modulasi-demodulasi(modem).modem mengubah signal-signal elektronik dari peralatan computer (terminal dan computer)menjadi signyal-signyal elektonik dari sirkuit telephone dan sebaliknya.

Macam –macam jaringan komunikasi data.
Jaringan komunikasi data dapat di klasifikasikan menjadi lima :
  1. Local Area Network (LAN)
  2. Metropolitan Area Network (MAN)
  3. Wide Area Network (WAN)
  4. Internet
  5. Peer-to –per
Offline Comunication System adalah suatu system pengriman data melalui fasilitas telekumunikasi dari satu lokasi k pusat pengolahan data, tetapi data yang dikirim tidak langsung diproses oleh CPU ( Central Procesing Unit).
Peralatan-peralatan yang diperlukan dalan Offline Comunication System, antara lain:
  1. Terminal, adalah suatu I/O device yang digunakan untuk megirim data dan menerima data jarak jauh dengan mnggunakan fasilitas telekomunikasi
  2. Jalur komunikasi, adalah fasilitas telekomunikasi yang sering digunakan seperti; telefon, telegraf, telex, dan dapat juga dengan fasilitas lainnya.
  3. Modem, adalah singkatan dari Modulator atau Demodulator. Suatu alat yang mengalihkan data dari system kode digital ke dalam system analog dan sebaliknya.
Protokol adalah aturan-aturan main yang mengatur komuikasi di antara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan, aturan itu termasuk di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode mengakses sebuah jaringan, topologi fisik, tipe-tipe kabel dan kecepatan transfer data.
Protokol-protokol yang dikenal adalah sebagai berikut:
  • Ethernet
  • Local Talk
  • Token Ring
  • FDDI
  • ATM

Penulis : Wahyu Ningsih
Email : wahyuningsih4210@yahoo.com
Mahasiswa D2 perpustakaan Upbjj-ut purwokerto Pokjar sruweng Kebumen

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates