Jaringan Perpustakaan Memperkaya Referensi

Arti perpustakaan secara sederhana dapat diartikan sebagai tempat kumpulan buku, hasil penelitian, karya ilmiah, jurnal, majalah dan informasi lainnya. Kelengkapan yang dimiliki perpustakaan membuat siswa di sekolah bisa mengerjakan berbagai tugas mata pelajaran yang diberikan guru. Siswa bahkan bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat berbagai Karya Ilmiah baru dari buku-buku, jurnal, hasil penelitian yang tersedia di Perpustakaan. Sebaliknya, tidak akan muncul pemikiran-pemikiran baru dan pencerahan bagi pelajar bila mereka tidak mendapatkan banyak referensi di Perpustakaan. Khususnya Perpustakaan Sekolah Dasar, siswa dapat belajar dan menambah pengetahuan baik untuk materi sekolah maupun pengetahuan tentang dunia luar.

Perpustakaan di perguruan tinggi juga tidak kalah pentingnya dan punya peran yang sangat besar dalam merintis gelar kesarjanaa. Mahasiswa bisa berlama-lama di perpustakaan untuk mendapatkan buku-buku referensi yang ada di perpustakaan saat menyelesaikan tugas kuliah, menulis makalah, menyusun skripsi hingga membuat proposal penelitian.

Bisa dikatakan, pengetahuan mahasiswa dan pelajar atau kemajuan dunia pendidikan akan sangat tergantung pada referensi yang dimiliki perpustakaan. Semakin sedikit referensi di perpustakaan, maka semakin terbataskah ilmu yang dimiliki mereka. Tidak hanya kelengkapan referensi saja, akan tetapi minat baca sangatlah penting untuk ditanamkan sejak dini, sehingga akan tercipta budaya membaca.

Agaknya Pemerintah menyadari arti penting Perpustakaan tersebut, terbukti untuk mengatur bagaimana Perpustakaan bisa berjalan semestinya, Pemerintah mengeluarkan Undang-undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan.

UU ini menjelaskan bagaimana system pengelolaan Perpustakaan dan pembagian Perpustakaan sesuai fungsinya, mulai Perpustakaan Umum hingga Perpustakaan Khusus. Sangat ditekankan bahwa Perpustakaan memiliki tanggung jawab yang besar kepada masyarakat.

Pelayanan yang diberikan oleh pustakawan juga cukup memuaskan dengan memberikan panduan mencari buku-buku yang diinginkan berdasarkan pengelompokan buku-buku. Mulai dari kelompok ilmiah hingga fiksi. Pengelompokan ini tentu saja memudahkan pengunjung untuk mencari referensi yang diinginkan, dan tidak terjadi penumpukan pengunjung pada satu tempat yang justru mengganggu perpustakaan.

Tetapi idealkah perpustakaan yang ada saat ini? Akan sulit menjawab pertanyaan ini bila tidak melihat beberapa faktor yang menunjang, apalagi masing-masing perpustakaan memiliki kekurangan dan kelebihan. Tetapi secara kasat mata, di era saat ini bisa dikatakan bahwa Perpustakaan yang ada sekarang belum ideal.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates