Sistem Pengolahan Bahan Pustaka Berbasis Komputer (Sistem Otomasi Perpustakaan)

Kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan tekhnologi ternyata sangat mempengaruhi diberbagai bidang kegiatan manusia dewasa saat ini. Dari pengusaha kecil sampai yang besar hampir terkena dampak positif dari kemajun tekhnologi dan tidak ketinggalan pula dibidang pendidikan dan informasi terutama ilmu perpustakaan.
Dengan demikian sebagai langkah awal untuk menyongsong kemajuan tekhnologi tersebut sebagai seorang pustkawan dituntut untuk menyesuaikan diri dengan meningkatkan pengetahuan dibidang computer. Hal ini sangat diperlukan sekali dimana nantinya sebagian besar segala pekerjaan perpustakaan akan dikerjakan dengan menggunakan system computer seperti pembuatan lebel, kartu catalog dan lain sebagainya yang terkenal dengan sebutan system otomasi perpustakaan.
Ternyata dengan system otomasi perpustakaan ini dapat menghemat dan mempercepat pekerjaan para pustakawan. Dan apabila nantinya disetiap perpustakaan baik perpustakaan sekolah, perpustakaan umum dan lainnya sudah menggunakan system otomasi perpustakaan ini akan mempermudah bertukar informasi. Hal ini dapat terlaksana apabila dari sekian banyaknya perpustakaan membentuk suatu wadah tersendiri yang merupakan gabungan dari berbagai perpustakaan, sehingga dapat terbentuk suatu jaringan perpustakaan yang saling bekerja sama.
Setelah terbentuknya wadah jaringan perpustakaan tersebut dapat digunakan bersama dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada pemustaka dengan cepat misalkan ada salah satu perpustakaan kesulitan dalam memberikan layanan dikarenakan kurang lengkap atau tidak adanya bahan pustaka yang dicari oleh pemustaka. Dilain hal dapat juga untuk saling tukar informasi pengalaman terutama bagi perpustakaan yang baru dengan perpustakaan yang sudah lebih dulu ada misalkan mengadakan seminar tentang managemen perpustakaan, peningkatan pengetahuan pustakawan, dan sebagainya.

Dengan terbentuknya kerjasama antar perpustakaan tersebut agar lebih harmonis dan tetap terjalin hubungan informasinya memerlukan suatu aturan dan pendanaan yang disepakati bersama. Jadi jaringan perpustakaan benar – benar merupakan suatu tempat untuk mencari informasi dari berbagai perpustakaan karena jaringan telah tersebut masuk dalam jaringan social internet.Untuk lebih menambah wawasan bagi pustakawan dapat bekerja sama dengan perpustakaan luar negeri karena informasi yang didapat tentu lebih luas lagi.
Jadi jaringan perpustakan adalah suatu jaringan yang terbentuk dari berbagai perpustakaan yang saling bekerjasama dan merupakan suatu wadah bersama untuk melayani pemustaka sebaik mungkin .

Penulis : Sudiman
Email : sudimampir111@yahoo.co.id
Mahasiswa D2 perpustakaan Upbjj-UT Purwokerto Pokjar Sruweng Kebumen

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates