Komputerisasi untuk Memaksimalkan Pelayanan Di Perpustakaan

Komputerisasi diperpustakaan merupakan kegiatan mendokumentasikan koleksi perpustakaan agar dapat mempermudah, memperlancar, serta mempercepat palayanan kepada pemakainya. Perlu diketahui bahwa dengan komputerisasi maka akan sangat membantu proses dan kinerja diperpustakaan, seperti halnya mengurangi resiko kesalahan pelayanan serta mempermudah pendataan jika suatu waktu mendesak diperlukan data-data yang ada terkait perpustakaan.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan komputerisasi koleksi perpustakaan, diantaranya mempersiapkan koleksi yang ada sesuai kelasnya, sehingga nantinya akan mempermudah mendeteksi koleksi yang ada diperpustakaan, atau kalau tidak sesuai dengan kelasnya, maka seyogyanya sesuai dengan data diinventaris koleksi yang telah dibuat setiap ada penambahan koleksi baru.

Setelah melakukan komputerisasi koleksi yang ada, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menambah mempermudah penggunaan data tersebut, diantaranya memilih jenis software yang bisa dipergunakan untuk pelayanan diperpustakaan, diantaranya yang sangat buming saat ini adalah Senayan library, Open Biblio, dan masih banyak lagi. Dengan penggunaan software seperti yang ada maka nantinya sangat membantu kegiatan diperpustakaan baik pelayanan sirkulasi, rekap koleksi, laporan peminjaman, dan lain sebagainya..

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates