Memperindah Ruang Baca Perpustakaan dengan Televisi

Media televisi diperpustakaan merupakan sarana pelengkap yang bisanya dihidupkan pada saat-saat tertentu saja. Ada yang bilang dengan media seperti ini pengunjung akan semakin tertarik untuk selalu berkunjung keperpustakaan, Asumsinya dengan televisi ada kalanya user lebih enjoy dalam belajar, Namun perlu diketahui, segala hal yang berlebihan maka akan mengakibatkan kekurangannya.

Media televisi diperpustakaan dalam setiap penilaian memang dapat membantu mendongkrak nilai, namun pada kenyataanya, tidak semua yang menggunakan media seperti ini lantas kemudian mengambil sisi baiknya, misal hanya untuk hiburan semata. Kita ambil contoh perpustakaan sekolah dengan asumsi penggunaan perpustakaan pada jam istirahat, maka dengan media televisi yang ada bisa dijadikan sarana hiburan ditengan kepenatan siswa, namun perlu diketahui, kalau kita lebih jeli pada saat jam istirahat tersebut (sekitar jam 10.00 dan 12.00 WIB) ternyata acara televisi hampir disemua stasiun yang ada tidak mendukung penuh dengan kondisi siswa, misalkan sinetron yang biasanya bercerita tentang berebut harta, tahta, dan wanita, musik yang mengumbar sebagian besar tubuh penyanyinya, dan lain sebagainya.


Perlu diketahui, media televisi memang dapat mendongkrak nilai, namun dari segi pemanfaatannya memang sangat minim, lantas bagaimana agar televisi yang ada dapat bermanfaat dan tentunya dapat mensupport siswa untuk melihat yang bisa menambah wawasan siswa?.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh perpustakaan, diantaranya menambah media lain seperti VCD / DVD Player untuk memutar koleksi VCD/DVD yang dimiliki perpustakaan, atau jika ada pengunjung yang kebetulan membawa sendiri maka dapat menggunakan media yang ada tersebut, oleh karena itu pada saat siswa menggunakan ruang baca perpustakaan bisa diselingi dengan pemutaran VCD/DVD yang dimilikinya, sehingga banyak manfaat yang diperoleh dari media televisi tersebut, disamping penambahan nilai juga penambahan keilmuan bagi pengunjunganya

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates