Membuat Perpustakaan kita Disenangi Pengunjung

Pengunjung atau yang sering kita kenal dengan user merupakan raja bagi perpustakaan, mereka harus dilayani karena merekalah yang benar-benar memerlukan bantuan kita. Seperti halnya pedagang, user adalah pembelinya, saat kita mengecewakan pembeli, jangan harap nantinya mereka akan mendekati kita lagi.

Beberapa kasus yang sering kita jumpai, keberadaan pengunjung kadang membuat petugas perpustakaan kita merasa gerang, seperti halnya saat user semaunya sendiri menggunakan fasilitas yang ada diperpustakaan. hal semacam ini memang sering terjadi, misalnya user menggunakan ruang husus diperpustakaan untuk rapat, karena waktu kunjung sudah habis mereka selalu meminta waktu tambahan, sementara petugas juga ingin sekali untuk mengakhiri pelayanannya karena akan segera pulang. Hal semacam inilah yang kemudian sering menimbulkan rasa marah petugas karena kejadian ini sering terulang-ulang dan pemakainya pun hanya orang itu saja.

Dari kasus diatas, saat petugas tidak bisa menjembatani kebutuhan pemakai yang memang membutuhkan ruang perpustakaan sampai usainya kegiatan pemakai, dan kemudian pemakai merasa haknya sebagai pengunjung kurang terlayani dengan baik, biasanya akan timbul asumsi bahwa petugas yang ada kurang ramah, kurang user friendly, dan lain sebagainya.

Melihat kondisi yang ada, ada beberapa solusi yang harus dilakukan oleh petugas perpustakaan, saya contohkan saja untuk perpustakaan yang jam pelayanannya sampai jam empat sore. Hal yang harus dilakukan oleh petugas adalah selalu mengingatkan akan jam kunjung perpustakaan, misalnya pada jam 15.30, kemudian jam 15.45. Pada jam 15.45 petugas mengumumkan bahwa jam kunjung perpustakaan akan segera habis dalam 5 menit lagi, asumsinya sisa 10 menit untuk persiapan penutupan perpustakaan, misalnya mengecek keberadaan jendela, mematikan komputer yang masih hidup, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, dengan memberikan pemahaman yang pasti kepada pengunjung saya yakin pengunjung akan mengerti apa yang kita lakukan tersebut. Semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates