Tambahan Gaji Untuk Pustakawan Yang Suka Menulis

Baru saja saya ketemu mas pustakawan muda, lulusan D2 Perpustakaan yang baru saja mendapatkan undangan untuk wisuda. Sebelumnya, ia merupakan orang yang aktif dibeberapa diskusi, namun memang ia belum berkecimpung langsung didunia kerja (menjadi seorang pustakawan) jadi apapun yang diomongkan oleh  temannya hanya dijadikan angin lalu saja.

Pada saat perkuliahan, kebetulan saya dipercaya oleh pihak perguruan tinggi untuk mendampingi mahasiswa belajar beberpa mata kuliah, dan kebetulan pada waktu itu matakuliah yang harus dibahas adalah berkaitan dengan SDM perpustakaan atau yang sering kita kenal dengan pustakawan atau mahasiswa itu sendiri yang nantinya akan menjadi pustakawan.

Pada dasarnya, kalau kita melihat kondisi perpustakaan untuk tingkat sekolah, baik itu sekolah dasar maupun menengah, aktifitas pustakawan biasanya hanya saat jam istirahat saja, kalaupun ada kegiatan lain itu pun tidak harian. Artinya, sebagai seorang pustakawan tingkat sekolah antara jam santai dan jam kerja masih bayak sekali jam santainya, sehingga banyak pustakawan yang diberi tugas tambahan oleh pihak sekolah.

Melihat contoh kasus diatas, harusnya pustakawan tersebut merasa diuntungkan, karena banyaknya waktu santai yang ada bisa dimanfaatkan untuk pengembangan keahlian kita, oleh karenanya, bagi saya salah satu kegiatan pustakawan selain dari tugas pokok yang ada, kita dapat meningkatkan keahlian kita yaiutu dengan menulis.

Dunia tulis menulis memang kegiatan mudah tapi tidak semuanya bisa. Ada orang pandai berbicara namun tidak bisa menulisnya, begitu juga sebaliknya, dan kalau kita tahu, mereka yang suka menulis, mereka akan dapat bayaran, misalnya mereka yang suka menulis di media massa. Oleh karenanya, kegiatan pustakawan yang selalu saya canangkan untuk calon pustakawan yakni bagaimana kita bisa membudayakan menulis, dengan ini maka kerja kita sebagai pustakawan akan semakin berwarna.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Media Perpustakaan Seo Elite by Bro | Blogger Templates